Bupati Barito Utara, H Nadalsyah.

Barito Utara Masih Aman Dari Covid-19

Muara Teweh, 17 Maret 2020 - Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah menyampaikan bahwa untuk wilayah Kabupaten Barito Utara masih aman dari penyebaran Virus Corona/Covid-19. Hal ini disampaikan, menepis beberapa isu-isu yang beredar dari percakapan masyarakat melalu WA di Kabupaten Barito Utara dan juga pemberitaan salah satu media on-line. "Untuk saat ini, Bumi Iya Mulik Bengkang Turan Alhamdulillah masih aman," jelas H. Nadalsyah. Selanjutnya, Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak panik. "Kita harus bekerjasama, mulai dari diri sendiri agar Barito Utara tidak terdampak sebaran Virus Corona," harap H. Nadalsyah dengan menjaga pola hidup sehat.

Bupati Barito Utara juga meminta kepada awak media agar dalam memberitakan kasus Virus Corona agar tidak menimbulkan efek ke masyarakat. "Jangan sampai berita yang dirilis, menimbulkan kepanikan masyarakat," jelas H. Nadalsyah. Pemerintah berupaya dengan maksimal dalam penanganan pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk mempercayakan penanganannya kepada Pemerintah. "Sesuai instruksi, kita telah membentuk juru bicara penanganan Virus Corona," tutup Bupati menyampaikan pesannya.

Sementara itu, Juru Bicara Virus Corona Kabupaten Barito Utara, H. Siswandoyo, S.KM,M.Kes melalui telepon menjelaskan kronologis sehingga beredarnya isu yang sangat meresahkan masyarakat Barito Utara tersebut. Dikatakan bahwa beberapa hari yang lalu, ada pasien yang dirujuk ke RSUD dr. Doris Sylvnaus Palangka Raya. "Sesuai edaran, RSUD dr. Doris Sylvnaus merupakan rujukan untuk penanganan Virus Corona wilayah Kalimantan Tengah," jelas H. Siswandoyo. Hasil pengecekan negatif dari Covid-19. Dijelaskan, bahwa pasien yang dirujuk adalah pasien yang mengalami gejala-gejala dari Virus Corona dan ada riwayat perjalanan dari daerah yang sudah ada kasus suspect Covid-19.

RSUD Muara Teweh telah menerapkan SOP sesuai standard yang diberikan. "Jadi tidak semua pasien yang flu, pilek, demam, dan batuk kita rujuk," kata Juru Bicara Kabupaten Barito Utara via telepon seluler. Masyarakat diminta tidak panik terhadap isu-isu yang beredar, Pemerintah sangat terbuka dalam penanganan pandemi Covid-19. "Kami akan selalu menyampaikan update terbaru, terkait perkembangan penanganan pandemi Covid-19 di Barito Utara," jelas H. Siswandoyo. (Diskominfosandi2020)